Bunga Anemone: Sejarah, Manfaat, Krakteristik & Jenis

Juni Elmanuel

Bunga Anemone
Bagikan Artikel Ini:

Bunga Anemone – Bunga anemone adalah salah satu bunga yang banyak dikenal karena keindahannya dan sering digunakan sebagai tanaman hias. Bunga ini memiliki sejarah yang kaya dan beberapa spesies yang berbeda.

Satu fakta menarik tentang bunga anemone adalah bahwa memiliki sejarah yang kaya. Meskipun di negara-negara seperti Cina dan Mesir, bunga ini memiliki makna yang kurang menyenangkan, di Eropa, bunga ini sering digunakan sebagai bunga pernikahan karena keindahannya yang memikat.

Bunga anemone bisa ditemukan dalam berbagai spesies, tetapi dua jenis yang umum dikenal adalah Anemone Nemorosa dan Blanda. Nemorosa, juga dikenal sebagai Wood Anemone, Windflower, atau European Thimbleweed, adalah bunga liar yang ramping dan lemah lembut yang tumbuh di hutan dan padang rumput.

Bunga ini sering tumbuh dalam koloni kecil dari umbi-umbi atau rimpang di bawah tanah. Lalu apa saja fakta menarik seputar bunga cantik yang satu ini, berikut ilmupot berbagi informasi mengenai bunga anemone yang perlu kalian ketahui.

Sejarah Bunga Anemone

Sejarah Bunga Anemone

Bunga ini, juga dikenal sebagai bunga coronaria, adalah jenis bunga yang memiliki sejarah panjang dalam budaya dan mitologi. Bunga ini berasal dari wilayah Mediterania dan telah ada selama ribuan tahun.

1. Anemone dalam Mitologi Yunani

Bunga ini memiliki kekaitan erat dengan mitologi para dewi. Dalam mitologi Yunani kuno, bunga ini dihubungkan dengan dewi cinta Aphrodite. Menurut legenda, bunga ini muncul dari air mata Aphrodite saat dia menangis karena kekasihnya yang bernama Adonis mengalami luka parah.

Darah Adonis yang menetes menempel pada kelopak bunga anemone dan memberikan warna merah cerah yang indah. Karena itu, bunga anemone dianggap sebagai simbol kebahagiaan, cinta, dan keberuntungan.